Rabu, 20 Januari 2016

Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris



Pemanfaatan Teknologi informasi  dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Saat ini Teknologi informasi dalam dunia pendidikan telah merambah ke berbagai mata pelajaran termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Saat ini pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih variatif berkat adanya TI tersebut. Dengan bentuk yang bervariasi ini, membuat para siswa untuk lebih semangat dalam belajar Bahasa Inggris. Sangat banyak peran Teknologi Informasi dalam pembelajaran bahasa inggris. Manfaat-manfaat ini dapat dirasakan siswa dalam berbagai aspek, misalnya untuk mencari tugas,  mencari referensi dan masih banyak lagi.

Dalam kurikulum 2013 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan materi ajar yang diberikan secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu guru bahasa Inggris mesti dapat mendesain kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengembangan kemampuan TIK peserta didik.
Beberapa cara yang dapat ditempuh guru dalam pengintegrasian tersebut antara lain :
  1. Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor; Pemanfaatan Lab Bahasa inggris.
  2. Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK, berupa tugas terjemahan dengan menggunakan google translation dan elektronik dictionary.
  3. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail;

Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor
Dengan memanfaatkan presentasi dengan LCD proyektor berarti guru memberikan contoh-contoh hasil pemanfaatanTIK seperti presentasi power point, animasi,film dan lain-lain. Sehingga diharapkan peserta didik memperoleh banyak model presentasi power point dan lainnya yang dapat menginspirasi mereka untuk dapat membuat seperti apa yang mereka saksikan dalam tayangan saat kegiatan pembelajaran. Presentasi yang ditampilkan dapat berupa hasil karya guru sendiri atau kita dapat down load di internet.

 
 

Gambar 1.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash Interactive “NYI RORO KIDUL” dengan preesentasi menggunakan LCD proyektor.
dalam pembelajaran text narrative.

 
 
Gambar 2.
Contoh Media Pembelajaran interaktif PowerPoint  sederhana yang dapat digunakan sebagai presentasi dalam kegiatan BKOF
pembelajaran descriptive kelas VII/
 
Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK
Cara lain mengintegrasikan materi TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK seperti mengumpulkan teks yang mereka buat dalam bentuk ketikan, presentasi power point atau dalam bentuk file yang lain. Selain dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik dengan tugas tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan TIK, kreatifitas dan nilai estetika peserta didik.

 
  
Gambar 3.
Contoh hasil teks procedure
yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.
  
 
 
 Gambar 4.
 Contoh tugas vocab teks procedure yang dibuat dalam bentuk file PowerPoint.

 
  Gambar 5.
  Presentasi hasil diskusi kelompok dengan power point
  dalam pembelajaran text explanation

 Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail
Cara lain mengembangkan kemampuan TIK peserta didik adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dengan mengirimkan tugas melalui e-mail peserta didik akan termotivasi untuk memiliki e-mail dan bagi yang sudah memiliki maka akan termotivasi untuk mengaktifkan e-mail tersebut lebih dari sekedar hanya untuk mengaktifkan akun jejaring sosial.
 

 Gambar 6.
Tugas bahasa inggris yang telah dikirimkan oleh peserta didik SMP lewat e-mail.
Cara-cara tersebut  dapat dilaksanakan asalkan guru menguasai keterampilan TIK dengan baik.
Demikian mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar