Pemanfaatan
Teknologi informasi dalam Pembelajaran
Bahasa Inggris
Teknologi Informasi merupakan suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Saat ini
Teknologi informasi dalam dunia pendidikan telah merambah ke berbagai mata
pelajaran termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Saat ini pembelajaran bahasa
Inggris menjadi lebih variatif berkat adanya TI tersebut. Dengan bentuk yang
bervariasi ini, membuat para siswa untuk lebih semangat dalam belajar Bahasa
Inggris. Sangat banyak peran Teknologi Informasi dalam pembelajaran bahasa
inggris. Manfaat-manfaat ini dapat dirasakan siswa dalam berbagai aspek,
misalnya untuk mencari tugas, mencari referensi dan masih banyak lagi.
Dalam kurikulum 2013 TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) merupakan materi ajar yang diberikan secara
terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu guru bahasa Inggris
mesti dapat mendesain kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengembangan
kemampuan TIK peserta didik.
Beberapa cara yang dapat ditempuh guru
dalam pengintegrasian tersebut antara lain :
- Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor; Pemanfaatan Lab Bahasa inggris.
- Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK, berupa tugas terjemahan dengan menggunakan google translation dan elektronik dictionary.
- Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail;
Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD
proyektor
Dengan memanfaatkan presentasi dengan
LCD proyektor berarti guru memberikan contoh-contoh hasil pemanfaatanTIK
seperti presentasi power point, animasi,film dan lain-lain. Sehingga diharapkan
peserta didik memperoleh banyak model presentasi power point dan lainnya yang
dapat menginspirasi mereka untuk dapat membuat seperti apa yang mereka saksikan
dalam tayangan saat kegiatan pembelajaran. Presentasi yang ditampilkan dapat
berupa hasil karya guru sendiri atau kita dapat down load di internet.
Gambar
1.
Pemanfaatan
Media Pembelajaran Flash Interactive “NYI RORO KIDUL” dengan preesentasi
menggunakan LCD proyektor.
dalam pembelajaran text narrative.
dalam pembelajaran text narrative.
Gambar 2.
Contoh Media Pembelajaran interaktif PowerPoint sederhana yang dapat digunakan sebagai
presentasi dalam kegiatan BKOF
pembelajaran descriptive kelas VII/
pembelajaran descriptive kelas VII/
Memberikan tugas kepada peserta didik
yang menuntut kemampuan TIK
Cara lain mengintegrasikan materi TIK
dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan tugas kepada peserta
didik yang menuntut kemampuan TIK seperti mengumpulkan teks yang mereka buat
dalam bentuk ketikan, presentasi power point atau dalam bentuk file yang
lain. Selain dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik dengan
tugas tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan TIK, kreatifitas dan nilai
estetika peserta didik.
Gambar
3.
Contoh
hasil teks procedure
yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.
yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.
Gambar 4.
Contoh tugas vocab teks procedure yang dibuat dalam bentuk file PowerPoint.
Gambar 5.
Presentasi
hasil diskusi kelompok dengan power point
dalam pembelajaran text explanation
dalam pembelajaran text explanation
Memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail
Cara lain mengembangkan kemampuan TIK
peserta didik adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dengan mengirimkan tugas melalui e-mail
peserta didik akan termotivasi untuk memiliki e-mail dan bagi yang sudah memiliki
maka akan termotivasi untuk mengaktifkan e-mail tersebut lebih dari sekedar
hanya untuk mengaktifkan akun jejaring sosial.
Gambar 6.
Tugas
bahasa inggris yang telah dikirimkan oleh peserta didik SMP lewat e-mail.
Cara-cara
tersebut dapat dilaksanakan asalkan guru
menguasai keterampilan TIK dengan baik.
Demikian
mudah-mudahan bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar