Rabu, 09 Maret 2016

Memanjakan Notebookku dengan CCleaner dan Tune Up





Cara Megoperasikan CCleaner

1) PENGERTIAN
CCleaner adalah program utilitas yang berguna untuk optimasi sistem dan tool pembersih file komputer. Versi terbaru program ini adalah CCleaner v3.18, yang dirilis pada tanggal 25 April 2012. Software CCleaner dibuat dan dikembangkan oleh Piriform Ltd.
  Perangkat lunak komputer ini memiliki banyak kemampuan dan kelebihan di balik ukuran filenya yang relatif kecil. CCleaner akan membersihkan file-file yang tidak bermanfaat di sistem komputer Anda, sehingga akan mengurangi penggunaan kapasitas harddisk dan akan mempercepat jalannya komputer Anda. Tool ini bisa digunakan untuk membersihkan jejak atau history di web browser, file temporary di Windows, membuang dan memperbaiki kesalahan registry, bahkan bisa dipakai untuk membuang instalasi software yang membandel karena tidak bisa di-uninstall dengan cara reguler. Selain itu, CCleaner juga bisa dipakai untuk mengontrol jalannya program di startup.
  Program CCleaner banyak digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. CCleaner merupakan software gratis yang bersifat Freeware. CCleaner dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows 2000, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Mac OS. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda tidak dipersyaratkan untuk memiliki spesifikasi minimal, cukup hanya tersedia sedikit kapasitas kosong minimal di harddisk sebesar 3,5 MB.
2)  FUNGSI
   Ini beberapa fungsi utama program CCleaner:   Membersihkan cache, riwayat URL, cookies dan hal-hal yang tidak berguna dari internet browser kita (Internet Explorer,Firefox).Menghapus isi recycle bin, log-log yang tidak  perlu, clipboard dan  banyak jenis file yang tidak perlu yang tanpa kita sadari menumpuk  dan berserakan di folder system windows.Membersihkan file-file sementara dan riwayat       pembukaan file dari banyak aplikasi lain, seperti Firefox, Opera, Safari, Media Player,    eMule, Kazaa, Google Toolbar, Netscape, Microsoft  Office, Nero, Adobe Acrobat Reader, WinRAR, WinAce, WinZip dll. Memerika dan membersihkan registry windows dari bermacam-macam masalah yang sering ditinggalkan begitu saja oleh aplikasi atau bahkan oleh windows itu sendiri seperti  File Extensions,
ActiveX Controls, ClassIDs, ProgIDs, Uninstallers, Shared DLLs, Fonts,    Help File references, Application  Paths, Icons, Invalid Shortcuts dll.  MengUninstall software komputer yang sudah tidak di gunakan secara tuntas
3) MANFAAT
     CCleaner adalah software gratis yang sangat powerfull,CCleaner sangat efektif    membersihkan komputer anda,membuat kinerja dan performa komputer anda meningkatkan dan    dilengkapi tools yang berguna seperti uninstaller,startup,drive wipper dan sebagainya    ditambah size file Setupnya juga kecil sehingga cepat didownload dan di share.


4)  CARA MENGGUNAKAN CCLEANER
     Berikut cara menggunakan atau mengoperasikan ccleaner.
Step 1. Buka dulu software cleanernya yang ada di computer anda, 

Step 2. Kemudian Klik Cleaner yang ada di sudut kiri dibawah logo  cleanernya 

Step 3. Kemudian klik Run cleaner yang ada di sudut kanan bawah untuk membersihkannya. 
      
            Lakukan hal yang sama untuk membersihkan application yang ada disamping Windows.
Step 4  Untuk membersihkan registry klik butang registry yang ada dibawah cleaner selanjutnya 

             klik   butang  scan for issues yang ada dibawah biarkan proses berjalan sampai 100%.
Step 5. Kemudian klik butang selected issues yang berada disudut bawah kanan

Step 6. Selanjutnya aka nada pilihan untuk menyimpan Back Up registry klik yes 

Step 7. Kemudian ganti nama file untuk menyimpan back upnya untuk menyimpannya

            nya untuk memudahkan anda mengeceknya. Selanjutnya klik save untuk menyimpan
Step 8  Selanjutnya klik butang fix all selected issues untuk memulai proses pembersihan 

            Registrynya
Step 9. Proses pembersihan sudah selesai terakhir klik close untuk mengakhirinya



            
 Cara Menggunakan Tune Up

1) PENGERTIAN
TuneUp Utilities adalah perangkat lunak perkakas pelengkap (utility tools) yang dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil risiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerjanya, selain itu juga mampu menghapus data pada harddisk hingga benar-benar tidak berbekas lagi serta berbagai macam pekerjaan perbaikan lainnya. Fitur Turbo Mode juga dikalim dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan.

2) FUNGSI
     Fungsi lain TuneUp Utilities 2014 Full Version adalah untuk menjaga komputer sekaligus memperbaiki error Windows supaya bisa bekerja secara maksimal, fungsi tersebut bisa anda akses pada tab Maintenance. Fungsi lain TuneUp Utilities 2014 Full Version adalah untuk menjaga komputer sekaligus memperbaiki error Windows supaya bisa bekerja secara maksimal, fungsi tersebut bisa anda akses pada tab Maintenance.           
3) MANFAAT
 TuneUp Utilities adalah perangkat lunak perkakas pelengkap (utility tools) yang dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil risiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerjanya, selain itu juga mampu menghapus data pada harddisk hingga benar-benar tidak berbekas lagi serta berbagai macam pekerjaan perbaikan lainnya. Fitur Turbo Mode juga dikalim dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan.
5) CARA MENGGUNAKAN
Cara menggunakan Tune up utilities
software ini sangat membantu bagi pengguna konputer atau laptop. Software ini sudah menyebar kurang lebih 3th,dari keluaran yang pertama dengan desain yang sangat classic dan sekarang TuneUP sudah hadir yang terbaru,Dengan desain yang sangat modern dan keren abiz…aku sanagt suka program ini,karena program ini sangat membantu dalam benerin komputer atau laptop.Program ini bisa membuat laju komputer atau laptop menjadi lebih cepat dan lebih enak dipakai.Untuk pemakaiannya sangat mudah yaitu:
    Step 1. Klik icon Tuneup di dekstop. Tunggu sampai program selesai mengecek sistem anda. Jika sudah selesai akan muncul 3 bagian yaitu: Sistem Maintenance, Speed, dan Sistem Status. Buka masing – masing bagian tersebut dan akan muncul panduan bagaimana mengatasi problem yang muncul. Untuk bagian Sistem Status, jika muncul opsi mengaktifkan automatic update, maka jangan anda klik. Hal ini bertujuan untuk menjaga Windows anda agar tidak mendownload update windows. Sebab jika anda mendownload update, maka pengaturan windows anda akan menjadi lebih sulit. Apalagi bagi windows palsu

    Step 2. Kurangi jumlah startup windows anda. Hal ini bertujuan agar proses loading awal windows anda menjadi lebih cepat. Caranya adalah klik (Start – Program – TuneUp Utilities – Utilities – TuneUp Startup Manager). Akan muncul tampilan seluruh program startup windows anda. Matikan seluruh startup yang tidak direkomendasikan (bagian yang optional). Lakukan langkah kedua setiap selesai menginstal suatu software
  Step 3. Pembersihan registry yang tidak terpakai dengan cara Pilih tuneUp registry cleaner [start-tuneup-utilities-registry cleaner], pilih complete scan dan pilih next
  Step 4.   Setting Windows dengan cara Pilih tuneUp system control [start-tuneup-utilities-registry system control], lakukan tweaking windows dengan mudah dengan membaca opsi yang ada di tiap halaman (tab)
   Step 5.  Untuk melakukan perawatan cukup klik TuneUp 1-click maintenance yang ada di dekstop andaTuneup juga dapat digunakan untuk mempercantik windows anda, tetapi ingat, semakin cantik biasanya lebih lemot kerjanya.
   Step 6.   Untuk pengaturan lainnya silahkan dipelajari sendiri. Baca dulu sebelum mengeklik sesuatu

Demikian semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar